Welcome to My Blog. Semoga Bermanfaat :)(Akuntansi | Al-Catraz | Hobby | Opini | Other Story)

17 September 2013

Resume SFAC 5, 6, dan 8



                   ( Pengakuan dan Pengukuran Dalam Laporan Keuangan Perusahaan Bisnis)

Secara garis besar, tujuan dari SFAC No 5 adalah menentukan kriteria pengakuan yang fundamental dan panduan tentang informasi apa yang seharusnya dan kapan informasi tersebut dimasukkan ke dalam LK. Selain itu SFAC No 5 juga membicarakan masalah-masalah pengukuran yang berhubungan dengan pengakuan.
Pengakuan (recognition) adalah proses pencatatan atau pemasukan sebuah item (butir) di dalam Laporan Keuangan sebuah entitas sebagai aset, kewajiban, pendapatan, biaya, atau yang sejenis dengannya melalui penggambaran dalam bentuk kata dan angka Tidak semua informasi bisa dimasukkan ke dalam laporan keuangan sebagian lain lebih baik disampaikan di catatan atas laporan keuangan  atau Informasi pendukung lain, atau juga media lain dalam pelaporan keuangan.
Kriteria pengakuan pokok : Suatu pos dan informasi mengenai pos tersebut harus memenuhi empat kriteria pengakuan pokok untuk dapat diakui dan harus diakui ketika kriteria dipenuhi, subyek terhadap kendala biaya-manfaat dan batas materialitas.
1.      Definitions. Pos memenuhi definisi sebuah elemen laporan keuangan. Untuk diakui dalam laporan keuangan, sumberdaya harus memenuhi definisi aset, dan keharusan harus memenuhi definisi kewajiban. Perubahan ekuitas harus memenuhi definisi pendapatan, biaya, laba, atau rugi.
2.      Measurability. Pos mempunyai atribut relevan yang dapat diukur dengan cukup andal. Aset, kewajiban, atau perubahan ekuitas harus mempunyai atribut relevan yang dapat dikuantifikasi dalam unit moneter dengan cukup andal. Keterukuran harus dipertimbangkan secara bersamaan dengan relevansi dan keterandalan. Pos-pos yang sekarang disajikan dalam laporan keuangan diukur dengan berbagai atribut, tergantung pada sifat suatu pos dan keandalan atribut yang diukur.
Atribut aset (kewajiban) yang digunakan dalam praktik
·         Historical cost (historical proceeds)
·         Current cost
·         Current market value
·         Net realizable (settlement) value
·         Present (or discounted) value of future cash flows
Unit Moneter atau skala ukuran adalah unit nominal uang, tidak disesuaikan dengan perubahan daya beli uang Ukuran yang ideal adalah ukuran yang stabil sepanjang waktu. Inflasi yang rendah tidak terlalu mempengaruhi unit nominal uang.
3.      Relevance. Informasi dapat membuat perbedaan keputusan pemakai. Untuk relevan, informasi mengenai suatu pos harus memiliki feedback value atau predictive value (atau keduanya ) bagi pemakai dan harus tepat waktu. Informasi relevan apabila mempunyai kemampuan untuk membuat perbedaan keputusan. Untuk diakui, informasi yang dimasukkan ke dalam laporan keuangan harus relevan.
4.      Reliability. Informasi tersebut mewakili kenyataan, dapat diverifikasi, dan netral. Untuk terandalkan, informasi mengenai suatu pos harus mewakili kenyataan, dapat diverifikasi, dan netral. Keterandalan dapat mempengaruhi waktu/saat pengakuan
Pendapatan dan laba diakui apabila: Direalisasi atau dapat direaliasi (realized or realizable) atau Diperoleh (earned). Pendapatan dan laba direalisasi ketika produk (barang atau jasa) atau aset lainnya ditukarkan dengan kas atau klaim terhadap kas. Pendapatan dan laba dapat direalisasi (realizable) ketika aset terkait yang diterima siap ditukarkan dengan kas atau klaim terhadap kas yang jumlahnya diketahui.
Pendapatan sudah diperoleh apabila entitas sudah secara substansial menyelesaikan apa yang harus dilakukan untuk mendapat manfaat yang dikandung oleh pendapatan. Dalam pengakuan pendapatan dan laba, dua kondisi tersebut biasanya dipenuhi pada waktu barang diserahkan atau jasa diberikan kepada pelanggan.
Biaya dan rugi pada umumnya diakui ketika manfaat ekonomi entitas digunakan dalam pengiriman atau produksi barang, atau penyerahan jasa, atau aktivitas lain yang merupakan operasi utama atau sentral yang berlanjut atau ketika aset yang sebelumnya diakui diperkirakan mengalami penurunan atau kehilangan manfaat. Konsumsi manfaat ekonomi selama satu periode dapat diakui secara langsung atau dihubungkan dengan pendapatan yang diakui selama periode tersebut. Sebuah biaya atau rugi diakui jika sudah terbukti bahwa masa datang yang sebelumnya diakui sebagai aset manfaat ekonomi berkurang atau hilang, atau bahwa sebuah kewajiban sudah timbul atau bertambah tanpa memberikan manfaat ekonomi.
 Kejadian yang mengubah aset dan kewajiban ada dua jenis:
·         Inflows (perolehan aset atau timbulnya kewajiban) dan outflows (penjualan atau penghentian atau hilangnya aset dan pemenuhan atau pembatalan kewajiban) dan
·         Perubahan jumlah aset semasa dikuasai atau kewajiban semasa terutang oleh entitas: Perubahan utilitas dan substansi, Perubahan harga.
SFAC 6 : Elements of Financial Statements (Elemen-Elemen dalam Laporan Keuangan)
SFAC No 6 ini mempunyai lingkup dalam pembahasan mengenai definisi 10 elemen laporan keuangan ( 7 elemen untuk organisasi bisnis dan non-laba dan 3 elemen hanya untuk organisasi bisnis) dan juga definisi 3 kelas aset bersih untuk organisasi non-laba dan perubahan pada kelas ini selama perioda.  
Aset adalah manfaat ekonomik masa depan yang mungkin didapat atau dikendalikan oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksi atau peristiwa masa lalu. Karakteristik dari aset adalah memiliki kemungkinan manfaat masa depan untuk menyumbangkan aliran kas masuk bersih secara langsung maupun tidak, entitas tertentu bisa mendapat manfaat dan mengendalikan akses pihak lain ke aset tersebut, dan transaksi atau peristiwa lain yang menyebabkan munculnya hak atau pengendalian manfaat telah terjadi di masa lalu.
Kewajiban adalah pengorbanan masa depan yang mungkin terjadi atas manfaat ekonomik, berasal dari kewajiban saat ini dari sebuah entitas, untuk mentransfer aset atau memberikan jasa ke entitas lain di masa depan dan sebagai akibat dari transaksi atau peristiwa di masa lalu. Kewajiban mengandung tugas atau tanggungjawab bagi satu atau lebih entitas. Tanggungjawab tersebut mengharuskan adanya penyelesaian berupa transfer atau penggunaan aset di masa depan pada satu tanggal yang telah ditentukan, atau pada saat terjadinya suatu peristiwa, atau atas permintaan.
Ekuitas atau Aset bersih adalah hak residual atas aset sebuah entitas yang tersisa setelah dikurangi dengan kewajibannya.Dipengaruhi oleh semua peristiwa yang meningkatkan atau mengurangi aset total dengan jumlah yang berbeda dari peristiwa yang meningkatkan atau mengurangi kewajiban total. Di dalam praktik kadang-kadang beda antara ekuitas dengan kewajiban bisa tidak jelas. Ada kalanya sekuritas yang diterbitkan oleh entitas memiliki karakteristik kewajiban dan ekuitas.
Investasi oleh pemilik adalah peningkatan ekuitas yang berasal dari transfer ke entitas dari entitas lain atau peningkatan hak kepemilikan atau ekuitas. Aset yang diterima dari pemilik adalah investasi pemilik. Selain itu juga termasuk jasa atau konversi kewajiban perusahaan. Distribusi kepada pemilik bisa berasal dari pentransferan aset, penyerahan jasa, atau munculnya kewajiban perusahaan kepada pemilik. Distribusi kepada pemilik mengurangi hak kepemilikan di dalam perusahaan.
Karakteristik investasi oleh pemilik: melalui investasi oleh pemilik, perusahaan bisa mendapatkan SD yang dibutuhkannya untuk, memulai atau mengembangkan operasi, melunasi hutang atau • Untuk tujuan bisnis yang lain. Karakteristik distribusi kepada pemilik: mengurangi aset bersih dan meningkatkan atau menghentikan hak kepemilikan•, reakuisisi ekuitas oleh entitas termasuk distribusi kepada pemilik.
 Laba komprehensif: Perubahan ekuitas perusahaan bisnis selama satu perioda yang berasal dari transaksi atau peristiwa lain yang berasal dari sumber non-pemilik.adalah return atas modal financial (return on financial capital). Hanya aliran masuk yang melebihi jumlah yang dibutuhkan untuk mempertahankan modal yang disebut dengan return atas ekuitas. Sumber laba komprehensif: Transaksi pertukaran dan transfer lain antara perusahaan dengan entitas lain yang bukan pemiliknya, Upaya produktif perusahaan, dan Perubahan harga, kecelakaan, atau efek lain dari interaksi antara perusahaan dengan lingkungannya.
Pendapatan adalah aliran masuk atau peningkatan aset yang lain dari sebuah entitas atau Pelunasan kewajibannya (atau kombinasi keduanya) yang berasal dari penyerahan atau pemroduksian barang, penyerahan jasa, atau aktivitas lain  yang merupakan operasi utama atau sentral entitas. Biaya adalah aliran keluar atau penggunaan aset yang lain atau keterjadian kewajiban (atau kombinasi keduanya) karena penyerahan atau pemroduksian barang, penyerahan jasa, atau pelaksanaan aktivitas lain yang merupakan operasi utama dan sentral entitas.
 Keuntungan adalah peningkatan ekuitas dari transaksi periferal atau tidak rutin dan dari semua transaksi dan peristiwa lain yang mempengaruhi entitas, kecuali yang berasal dari pendapatan atau investasi oleh pemilik. Kerugian adalah penurunan ekuitas dari transaksi periferal atau tidak rutin dan satu semua transaksi atau peristiwa lain yang mempengaruhi entitas, kecuali yang berasal dari biaya atau distribusi kepada pemilik, umumnya tidak berada di bawah kendali managemen, bisa bersifat operasional maupun tidak.
Akuntansi akrual: Mencatat efek finansial dari transaksi dan peristiwa lain dan keadaan yang memiliki konsekuensi kas bagi entitas di perioda di mana transaksi/peristiwa/keadaan terjadi, bukan hanya pada perioda di mana kas diterima atau dibayarkan kepada entitas, tidak hanya atas transaksi kas, namun juga: transaksi kredit; pertukaran barter; transfer barang/jasa non-resiprokal; perubahan harga; perubahan dalam bentuk aset atau kewajiban, dan transaksi/peristiwa/keadaan yang lain yang memiliki konsekuensi kas namun tidak melibatkan aliran kas di masa yang sama. Akuntansi akrual tidak hanya mengakui peristiwa atau keadaan non-kas, namun juga penangguhan (deferral), termasuk alokasi dan amortisasi  Realisasi: proses pengkonversian SD non-kas dan hak menjadi kas. Pengakuan: proses formal pencatatan atau pemasukan sebuah butir ke dalam LK sebuah entitas.
Penandingan adalah pengakuan serentak atau kombinasian pendapatan dan biaya yang langsung berasal dari transaksi yang sama atau berupa gabungan dari transaksi atau peristiwa yang lain. Sebagian biaya tidak berhubungan langsung dengan pendapatan tertentu namun bisa dihubungkan dengan satu perioda atas dasar transaksi atau peristiwa yang terjadi di perioda tersebut atau melalui alokasi. Manfaat yang diberikan oleh sebuah aset juga bisa terjadi selama beberapa perioda. Biaya yang terjadi kemudian dialokasikan ke perioda-perioda umur manfaat estimasiannya.
SFAC 7: Using Cash Flow Information and Present Value in Accounting Measurement
                      (Penggunaan informasi aliran kas dan nilai sekarang dalam pengukuran akuntansi)

Statement No. 7 lebih menekankan pada isu pengukuran spesifik daripada isu konseptual yang lebih luas, karena itu statement ini dapat dilihat sebagai bagian dari Statement No. 5. SFAC No. 7 digunakan pada situasi dimana current market value tidak tersedia sehingga harus menggunakan estimasi aliran kas di masa mendatang.
·         Present Value Measurement
Poin penting mengenai pengukuran asset adalah pengukuran present value yang digunakan untuk mensimulasi fair value. Discount rate harus meliputi risiko dan ketidakpastian yang merefleksikan pengukuran pasar terhadap nilai asset. Jika asset tertentu memiliki beberapa kemungkinan aliran kas dalam beberapa tahun, maka aliran kas yang diekspektasi harus menentukan probabilitas aliran kas individu tertimbang.
·         Liability Measurement
Poin penting dalam pengukuran liabilitas adalah discount rate harus diikutkan dalam perhitungan credit standing perusahaan. Pengukuran asset dan liabilitas sesuai ketentuan SFAC No. 7 dinilai tidak konsisten. Sebuah asset dapat dipandang dan dinilai secara terpisah dari entitas perusahaan, tapi pada saat mengukur liabilitas tidak dapat demikian.

SFAC 8 : Conceptual Framework For Financial Reporting
     (Kerangka kerja Konseptual untuk Pelaporan Keuangan)
Tujuan dari PK yang bermanfaat umum: Menyediakan info keuangan tentang entitas pelapor yang berguna bagi investor yang sekarang ada dan yang potensial, pemberi pinjaman, dan kreditur lain untuk membuat keputusan dalam rangka penyediaan sumber daya bagi entitas. Keputusan penyedia sumberdaya tersebut tergantung pada return yang diekspektasi dari investasi pada entitas. Ekspektasi ditentukan dari penilaian atas jumlah, saat, dan ketidakpastian (prospek) aliran kas masuk masa depan ke entitas. Informasi yang dibutuhkan untuk itu adalah: Sumberdaya entitas, Klaim atas entitas, Efisiensi dan keefektifan managemen entitas mengemban tanggungjawab mereka menggunakan sumberdaya entitas.
General purpose financial reporting: tidak ditujukan pada satu kelompok pengguna saja, tidak bisa menyediakan seluruh info yang dibutuhkan pengguna utama tadi, tidak untuk menunjukkan nilai entitas, hanya membantu untuk mengestimasi nilai entitas pelapor, pihak lain selain investor, pemberi pinjaman, dan kreditor lain harus melengkapi kebutuhan info mereka dari sumber lain karena utamnya laporan keuangan bukan ditujukan bagi mereka.
Laporan keuangan menyediakan info tentang: Posisi keuangan entitas; sumberdaya dan klaim atas entitas, efek transaksi dan peristiwa lain yang mengubah sumberdaya dan klaim atas entitas. Manfaat info atas sumber daya dan klaim atas entitas: Likuiditas dan solvabilitas, aliran kas masa depan bisa diprediksi.

Info keuangan bisa bermanfaat harus relevan dan faithfully represent (dengan tepat menyimbolkan) apa yang ingin disajikan. Kegunaan info keuangan akan lebih tinggi jika  bisa dibandingkan (comparable), bisa diverifikasi (verifiable), tepat waktu (timely), dan bisa dipahami (understandable)

3 comments :